Selasa, 25 September 2018 | 04.18 WIB
Metro24Jam>ShowBiz>Musik>Kreak Band Bangkitkan Kenangan Musik Masa Lalu

Kreak Band Bangkitkan Kenangan Musik Masa Lalu

Minggu, 18 Maret 2018 - 19:11 WIB

IMG-1342

Aksi Kreak Band di atas panggung. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Penampilan Kreak Band memukau saat manggung di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Tapiandaya Medan. Meski kata “Kreak” terbilang sangar dan berkonotasi negatif, namun para personelnya mengaku tetap rendah hati dalam keseharian walau memang garang saat bermusik. Band yang mengusung aliran rock ‘n roll ini hadir membangkitkan kembali kenangan dan semangat bermusik pada era tahun 90′an sampai awal 2000′an.

“Sudah sejak lama Kota Medan dikenal sebagai daerah penghasil band rock handal di blantika musik tanah air. Tapi sekarang sepertinya sudah jarang bahkan hampir sudah tidak ada band rock ‘n roll yang eksis,” ujar Jack, sang vokalis didampingi Van KR (lead guitar), Tommy (guitar), Adan (bass) dan Ansyah (drum) di PRSU akhir pekan lalu.

Jack mengakui band ini baru terbentuk tahun 2016 lalu. Meski demikian, dia memang sengaja untuk tidak ikut aliran pop-Melayu seperti yang tenar di kalangan remaja saat ini. Jack menyebut, rock n roll dan rock balada adalah pilihan mereka bermusik sejak dulu.

“Rock itu abadi dan melegenda. Tidak pernah habis dan tetap disuka,” ujarnya.

Saat masih kuliah dulu, Jack pernah ngeband bersama Tommy dan Bembeng (sekarang basist Sunset Bluesbite). Genre band yang diberi nama Green Angle ini adalah rock dan blues. Namun karena kesibukan, band ini akhirnya vakum. Sampai pada akhirnya, mereka diundang oleh Bembeng yang melanjutkan karya bersama Sunset Bluesbite.

“Nah, tiba-tiba rindu lagi bermusik. Tapi kami sadar usia tidak muda lagi. Makanya iseng-iseng melepas rindu bermain musik saja. Rupanya keterusan setelah bergabungnya Van KR yang mengusulkan nama Kreak. Kita yang awalnya tidak punya nama akhirnya setuju pakai nama itu,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyebut kata kreak adalah spesifik bahasa yang hanya ada di Medan. Walau artinya sangar dan arogan, tapi mereka tetap menunjukkan itu hanya saat bermusik. Mereka ingin ketika orang-orang mendengar nama itu, maka akan teringat dengan nama Kreak Band.

Personel Kreak Band. (ist/metro24jam.com)

“Setelah Van bergabung, selanjutnya kami semakin serius bermusik. Apalagi rupanya, masing-masing personel punya karya lagu masing-masing. Setelah kami matangkan lagu-lagu ini, rupanya timbul keinginan membuat album karena lagu-lagunya cukup eassy listening,” jelasnya.

Adapun judul lagu yang diproduksi adalah: Apa Kabar?, Tak Terlupakan, Just For You, Obsesi, Sahabat Kecil, Brother, Lagu Untukmu, Its My Life, Diam dan Akhirnya. Sepuluh lagu ini akan segera dipasarkan secara indie. Mereka memproduksi lagu ini cukup sederhana tanpa label dan sponsor. Oleh karena itu, lagu-lagu mereka akan dipasarkan secara swadaya juga.

“Kalau sudah jadi album, artinya bermusik ini memang harus ditekuni dengan baik. Tujuannya nanti adalah agar kita bisa kembalikan kejayaan musik rock yang memang sudah sangat ditunggu masyarakat,” ujarnya.

Sementara Van KR yang dulunya merupakan guitaris Voodoo Medan mengatakan, musik rock dan blues akan sangat disukai banyak orang. Hal itu pula yang membedakan Kreak Band dengan band lain.

Vokalis Kreak Band, Jack, melantunkan tembang rock ballad. (ist/metro24jam.com)

“Orang-orang rindu dengan musik tahun 90′an, makanya karya kami bisa mengobati rindu terhadap musik dan lirik yang populer saat mereka masih remaja dulu,” ujar Van.

Dia menyebut, Kreak memang punya prinsip bermusik seperti blues, rock n roll yang ditampilkan dalam album mereka. Musik-musik itu adalah legendaris dan sangat dirindukan karena kwalitasnya.

“Bagi kami yang memang jiwanya di situ, enak untuk memainkan dan mendengar musik lawas itu,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Tommy. Meski menyadari bahwa mereka sudah tidak muda lagi, namun musikalitas yang mereka usung akan menjadi pembeda dengan musisi generasi milenial. Mereka mengajak musisi-musisi senior di Kota Medan untuk memanfaatkan momentum yang dicetuskan Kreak sebagai kebangkitan musik rock.

“Kita juga ingin mengembalikan musik lama itu agar bisa kembali diterima. Kota Medan rindu dengan musik lama, makanya musisi lama juga harus bangkit dan tetap dengan idealisme bermusik seperti dulu,” ujarnya.

Kreak Band juga mengampanyekan pengaruh rock melalui album. Sedangkan untuk memperluas informasi tentang musik dan album mereka, juga menggunakan media sosial dengan alamat Instagram @kreakband dan di Facebook dengan nama Kreak Band. (san)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tasya Kamila Resmi Jadi Istri Randi Bachtiar
Artis - Minggu, 5 Agustus 2018 - 15:12 WIB

Tasya Kamila Resmi Jadi Istri Randi Bachtiar

Tasya Kamila resmi menjadi istri dari Randi Bachtiar, Minggu (5/8). Di hadapan Ketua MPR Zulkifli Hasan, Randi mengucapkan ijab kabul ...
Tiket Incess Seat Rp25 Juta Ludes, Konser Syahrini Segera Luncurkan Hot Seat Seharga Rp15 Juta!
Musik - Senin, 30 Juli 2018 - 20:39 WIB

Tiket Incess Seat Rp25 Juta Ludes, Konser Syahrini Segera Luncurkan Hot Seat Seharga Rp15 Juta!

Tiket Konser Jambul Khatulistiwa Syahrini laris manis! Tak hanya 'Early Bird', tiket Incess Seat seharga Rp25 juta juga sudah ludes ...
Komentar Soal Tiket Konser Syahrini, Akun Instagram Nikita Mirzani Diblok
Gosip - Jumat, 27 Juli 2018 - 16:02 WIB

Komentar Soal Tiket Konser Syahrini, Akun Instagram Nikita Mirzani Diblok

Akun Instagram Nikita Mirzani mendadak diblokir oleh Instagram milik Syahrini. Peristiwa itu terjadi pasca komentar Niki soal tiket selangit konser ...
Tanggapi Komentar Fatin, Iis Dahlia: Banyak yang Cari Panggung
Gosip - Jumat, 27 Juli 2018 - 15:52 WIB

Tanggapi Komentar Fatin, Iis Dahlia: Banyak yang Cari Panggung

Nama Iis Dahlia belakangan hangat diperbincangkan publik setelah rekaman video yang dinilai tak pantas saat dia menjadi juri sebuah ajang ...
Wow! Tiket Konser Syahrini Rp25 Juta, Nikita Mirzani: Mendingan Beli Barang untuk Anak!
Artis - Kamis, 26 Juli 2018 - 14:51 WIB

Wow! Tiket Konser Syahrini Rp25 Juta, Nikita Mirzani: Mendingan Beli Barang untuk Anak!

Syahrini seakan ingin lebih banyak menunjukkan karya, agar tak hanya terkenal dengan jargon-jargon dan sensasi kehidupan mewahnya. Setelah bermain film, ...
Cinta Nikita Mirzani Buyar, Utang Dipo Latief Minta Dibayar
Gosip - Selasa, 24 Juli 2018 - 13:40 WIB

Cinta Nikita Mirzani Buyar, Utang Dipo Latief Minta Dibayar

Cinta ditolak, dukun bertindak. Itu merupakan anekdot dari pelosok negeri. Namun, bagi Nikita Mirzani ungkapan 'Cinta buyar, utang harus dibayar', ...