Saturday, 4 July 2020 | 03.45 WIB
Metro24Jam>ShowBiz>Vanessa Angel Jadi Tersangka Prostitusi Online, Sudah Berkali-kali Transaksi

Vanessa Angel Jadi Tersangka Prostitusi Online, Sudah Berkali-kali Transaksi

Thursday, 17 January 2019 - 06:50 WIB

IMG-1447

Vanessa Angel bersama kuasa hukumnya di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan pada Rabu (16/1/2018). (DetikHot)

MGID
Loading...

SURABAYA, metro24jam.com – Polisi akhirnya menetapkan Vanessa Angel sebagai tersangka dalam kasus prostitusi online. Sebelumnya, Vanessa hanya berstatus sebagai saksi korban, karena menjadi salah satu penyedia layanan.

“Saya sampaikan kepada rekan-rekan media terkait penyidikan kasus prostitusi online, kami sampaikan terkait hasil gelar daripada diperiksanya saudari VA dan kami mulai hari ini kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (16/1/2019), mengutip DetiHot.

Vanessa ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan fakta penyidikan. Setelah diperiksa selama sembilan jam pada Senin lalu, polisi mendapati beberapa fakta baru yang bisa menjerat Vanessa.

Penetapan ini juga didasari hasil pemeriksaan saksi ahli, antara lain ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE hingga ahli dari MUI dan Kementerian Agama.

“Hasil gelar dan beberapa ahli ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli dari Kementerian Agama, dari MUI dan juga dari beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transaksi komunikasi,” tegas Luki.

Penetapan Vanessa sebagai tersangka menyusul penetapan tiga tersangka lainnya yang berperan sebagai muncikari, di antaranya Endang, Tentri dan Fitria.

“Pasal yang kami tetapkan pasal 27 ayat 1 undang-undang ITE,” kata Luki.

Pasal 27 ayat 1 menyebut, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Tak hanya itu, Luki mengatakan dijeratnya Vanessa dengan pasal 27 ayat 1 ini terkait dengan kegiatan Vanessa yang mengeksplor dirinya.

Luki mengatakan Vanessa kerap mengirimkan foto dan video tak senonoh melalui pesan elektronik di handphone kepada muncikari.

Selanjutnya, video ini pun tersebar. Para muncikari menggunakan foto dan video tak senonoh ini untuk menawarkan Vanessa kepada pelanggan prostitusi online.

“Pertimbangannya tadi sudah saya sampaikan yang bersangkutan secara langsung mengeksplor dirinya, mengeksploitasi dirinya langsung dengan muncikari, ada komunikasi,” ungkap Luki.

Dari komentar Polda Jatim, Vanessa Angel diduga sudah beberapa kali transaksi dengan pria hidung belang.

“Dulu 15 sekarang 9, Okelah polisi punya hak mungkin ada transferan itu dari data bank Siska, Vanessa belum karena belum sempat di printnya (buku tabungan) nanti diminta dari Vanessa soal bukunya. 9 transaksi dari mana belum ada pernyataan dari Vanessa,” bela Milano pengacara Vanessa Angel di kantornya, Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019). Baca juga: Ngaku Sudah Bersih, Robby Abbas Tak Mau Ikut Campur Kasus Vanessa Angel

“Kemarin baru tiga transaksi yang ditanyakan, belum bisa jawab karena datanya tidak ada. Hanya keterangan dari penyidik baru tiga transaksi belum ada keterangannya itu dia dalam keadaan sakit bilang tidak ingat. Hanya disebutkan tanggal sekian, jumlah sekian, transaksi apa, makanya kita coba untuk print dulu,” kata Milano lagi.

Milano juga membantah adanya transaksi Vanessa yang ada di Singapura.

“Gini, tidak ada. Maksudnya transaksi itu belum ditanyakan kepada kita, justru itu pernyataan, kami anggap itu masih bagian dari penyidikan, tapi belum sampai di kita pertanyaan itu. Jadi terlalu cepat juga keluar kemarin itu masalah Singapura segala macam, karena pertanyaan itu belum ada sampai di situ,” tegas Milano.

“Begitu juga dengan chat pribadi, video dan foto seks yang juga telah beredar. Tidak ada,” tegasnya. Baca juga: ATM Jane Shalimar Belum Dikembalikan, Ini Kata Vanessa Angel

Vanessa pun juga tak mau menjawab lebih jauh. Ia sendiri menyebut Sisca hanya sebatas teman.

“Nggak ada bahas apa-apa sih. Cuma ya ngobrol biasa aja. Nggak ada, temenan biasa aja,” timpal Vanessa.

Sebekumnya, Vanessa disebut polisi sudah terlibat sebanyak 15 kali dalam prostitusi online.

“Ini didalami nanti hasilnya menentukan hasil daripada si VA karena hasil dari pendalaman ada 9 yang langsung dari 15 (transaksi prostitusi) itu. Di Singapura dua kali, Jakarta enam kali Surabaya 1 kali,” ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Senin (14/1/2019).

Dari 15 kali transaksi itu, Vanessa difasilitasi oleh 6 muncikari.

“Dari sembilan keterlibatan aksi prostitusi ini, VA ini difasilitasi oleh enam muncikari,” kata Direskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan. (dth/asp)


KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Roy Kiyoshi Ditangkap Polisi Bersama 21 Butir Pil Psikotropika
Artis - Friday, 8 May 2020 - 15:37 WIB

Roy Kiyoshi Ditangkap Polisi Bersama 21 Butir Pil Psikotropika

Polisi menangkap Roy Kiyoshi, di kediamannya di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (6/5/2020) sore. Dari lokasi, polisi menemukan barang bukti ...
Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia
Artis - Tuesday, 18 February 2020 - 12:08 WIB

Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia

Kabar duka menyelimuti Bunga Citra Lestari dan keluarga besar sang suami. Ashraf Sinclair meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Kuningan, ...
Zidenk Pimpin Persatuan Disc Jockey Indonesia Sumut
Trends - Monday, 16 December 2019 - 09:12 WIB

Zidenk Pimpin Persatuan Disc Jockey Indonesia Sumut

Heri Ahmadi Arif Sirait SE yang lebih dikenal dengan nama Zidenk, terpilih menjadi Ketua Pengda PDJI (Persatuan Disc Jockey Indonesia) ...
Malam Ini, Andmesh dan Judika Buai Warga Medan Lewat ‘Konser Karena Cinta’
Musik - Saturday, 26 October 2019 - 20:44 WIB

Malam Ini, Andmesh dan Judika Buai Warga Medan Lewat ‘Konser Karena Cinta’

Menyambut Hari Listrik Nasional, Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersama Persisi Entertaiment hadir mempersembahkan 'Konser Karena Cinta' dengan menampilkan Andmesh Kamaleng ...
Antisipasi Narkoba, Fokusmaker Deliserdang Gelar Festival Music Acoustic Competition
Musik - Saturday, 24 August 2019 - 22:15 WIB

Antisipasi Narkoba, Fokusmaker Deliserdang Gelar Festival Music Acoustic Competition

Sebanyak 12 band asal Deliserdang berlaga di Fokusmaker Festival Music Acoustic Competition, di Lalu Kopi, Jalan Pahlawan, Kecamatan Tanjung Morawa, ...
Ahmad Dani Dinyatakan Bersalah Dalam Kasus Ujaran Kebencian, Divonis 18 Bulan Penjara dan Langsung Dibui
Artis - Tuesday, 29 January 2019 - 08:06 WIB

Ahmad Dani Dinyatakan Bersalah Dalam Kasus Ujaran Kebencian, Divonis 18 Bulan Penjara dan Langsung Dibui

Ahmad Dhani Prasetyo dijatuhi hukuman 1 tahun enam bulan kurungan penjara dalam kasus dugaan ujaran kebencian (hate speech) yang dilakukannya. ...
Place your ads here...